Sedang di KA Argo Sindoro

By Luthfia Syahnaz - 17.09

 16.31

Sembilan menit lagi kereta gue berangkat dari Stasiun Gambir ke Stasiun Tawang Semarang. Pagi tadi, gue memutuskan membeli tiket pulang sore ini juga. Setelah dikabari Mba Dila kalau Mama opname di RS. Untungnya hari ini sampai Jumat seluruh Subdit ada acara sinkronisasi air baku di Surabaya. Gue langsung izin ketiga atasan gue untuk work from homebase di Semarang hari Kamis dan Jumat ini. Gue ke stasiun pun masih pakai batik PU haha. Padahal sempat balik kost tapi hanya memasukkan pakaian kotor seabrek ke laundry depan kost.

Semalam malam nisfu syaban, hari ini gue insyaallah puasa ayamul bidh, tadi sahur makan cimol pas 5 menit sebelum adzan subuh, terus sholat, dan mengaji sebentar. Setelah itu malah gegoleran di kasur sambil buka tiktok dan chat sama Dedek. Sepersekian detik setelah gue chat bilang mager banget ke kamar mandi buat siap2 WFO ke kantor, Mba Dila chat kalau Mama masuk RS dan harus dirawat. Pikiran gue kalut banget akhirnya mencoba menenangkan diri.

Tanpa babibu langsung hilang kemageran gue, gue bergegas ke kamar mandi. Sebenernya motivasi gue biar bisa langsung sholat dhuha setelah itu, karena nggak bisa dipungkiri gue butuh sholat untuk menenangkan diri. Gue nangis tapi denial haha air mata gue menyatu dengan air shower. Gue bilang ke Allah kalau gue masih mau puasa nggak mau puasanya batal gegara nangis. Padahal Allah tau gue nangis wkwk

Katanya Mama vertigonya kumat. Ini kali kedua Mama vertigo, yang pertama saat gue kelas XII besoknya UN SMA. Gue yang anterin Mama ke RS Banyumanik, bonceng naik motor (gue masih bisa mengendarai motor huhu).

Jujur, perasaan ini rasanya menyesakkan. Hal yang paling ditakuti mungkin oleh semua anak rantau, bagaimana kalau orang tua or keluarga terdekatnya sakit saat mereka berada di perantauan. Rasanya nggak bisa apa-apa kecuali berdoa.

Kebiasaan gue overthinking malah menjadi-jadi. Gue merasa menyesal belum bisa bahagiain Mama. Padahal keinginan Mama atas gue sangat sederhana. Ya mungkin semua temen gue bisa mewujudkannya, kecuali gue.

17.07

Berkontemplasi di kereta adalah hal yang gue sukai. Kali ini momen yang tepat bagi gue untuk berkontemplasi. Tahun ini harus ada perubahan dalam hidup gue. Gue nggak boleh terus menerus gini-gini aja nggak ada perbaikan. Yang paling penting, gue nggak boleh mikirin diri gue sendiri. Tahun ini umur gue 28 tahun. Kalau dulu lihat om tante umur segitu kayaknya udah settle hidupnya. Nggak, gue nggak boleh berkecil hati. Gue percaya semua akan indah pada waktunya. Gue percaya bahwa timingnya Allah always perfect.

19.01

Baru sampai di Stasiun Cirebon. Alhamdulillah tadi buka puasa di restorasi order baso reska enak sama teh hangat. 

Tiba-tiba ingatan gue popped out saat dimana gue masih struggling menyelesaikan Tugas Akhir sekitar tahun 2017/2018, gue lihat Mama nangis sambil dandan mau berangkat ke kantor gegara gue bilang kalau gue udah nggak bisa naik (mengendarai) motor lagi. Disitu mungkin mama shock, sedih, khawatir jadi satu kali ya. Padahal dulu gue bisa bawa motor sejak duduk di bangku SMP dan selama SMA sampai kuliah pun gue selalu pakai motor, mau motor matic or manual gue bisa-bisa aja. Dulu gue pernah kecelakaan motor pas SMA nabrak angkot haha tapi besokannya gue masih bisa bawa motor dan nggak ada trauma sama sekali. Jadi aneh rasanya tiba-tiba gue kehilangan kemampuan yang pernah gue miliki selama kurleb 9 tahun. Di tahun-tahun akhir kuliah gue. Gue menyadari ada trauma tersendiri yang gue nggak bisa share disini dan hanya segelintir orang terdekat gue yang tau. Tapi menurut gue seharusnya hal itu bukan jadi alasan. 

22.52

Sampai di RS. Alhamdulillah kondisi Mama udah lebih baik.


Sedang di KA Argo Sindoro Jakarta-Semarang, 8 Maret 2023.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments