Perjuangan Setelah XII :)

By Luthfia Syahnaz - 09.47


tak terasa hampir sampai di ujung jalan dari perjalanan ini
apakah benar berakhir?
tidak, tentu saja
ujung jalan ini mempertemukanku pada persimpangan jalan lainnya
ada persimpangan, ada pula pilihan jalan mana yang harus kulalui untuk melanjutkan perjalananku
jujur, ini lebih sulit dari yang kubayangkan
jujur, aku takut ''salah''
aku tahu apa yang kuinginkan
aku tahu apa yang kubutuhkan
tapi aku tak tahu bagaimana menjalaninya
kalau kata orang jawa, mungkin aku belum 'tatag'
tatag artinya mantap hati dalam menjalani sesuatu
karena aku tahu, perjalanan dihadapanku kelak
tak semudah sekarang
tapi aku yakin aku bisa

aku hanya ingin menghargai kehidupan
anugerah yang telah diberikan Allah kepadaku
aku tak ingin menyia-nyiakanya
sama sekali

aku ingin sebagai apapun aku nanti,
aku bisa membanggakan ibu pertiwi
klise memang
tapi itulah tujuanku
memajukan bangsa ini adalah salah satu passion dalam hidupku
aku ingin sebangga orang jepang ketika melihat lalu lalang mobil dan motor di jalan
aku ingin sebangga orang amerika ketika menggunakan gadget canggih
aku ingin sebangga orang inggris ketika berbicara bahasa
aku ingin sebangga orang cina ketika berbelanja ke pasar manapun
aku ingin sebangga orang korea ketika menonton film maupun drama di televisi
yaah, minimal kebangganku itu terwujud di dalam negeriku sendiri

jujur, aku bukan orang yang terlalu suka perubahan
bagiku perubahan belum tentu dapat mengubah ke arah positif
aku lebih menyukai pembenahan, perbaikan, pembangunan
semuanya itu mengarah kepada kemajuan

akhirnya aku hanya berharap,
siapapun yang berjuang bersamaku nanti
dialah orang yang mencintai negeri ini juga
dan kita akan berjuang bersama :)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments